Workshop Metode / Strategi Pembelajaran SMP Negeri 1 Klirong


Klirong- Selasa, 12 Desember 2023 SMP Negeri 1 Klirong, menyelenggarakan Workshop Metode Pembelajaran bagi seluruh guru. Acara dibuka dengan sambutan Kepala Sekolah Drs. Supriyatin Nur Widayat. Hadir sebagai pembicara narasumber dalam workshop ini adalah Tri Nurhayati, S.pd. (Kepala SMP Negeri 1 Klirong) dan Ali Wibowo, S.Pd. (Guru Matematika SMP Negeri 1 Klirong).

Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan tujuan diselenggarakannya workshop ini adalah untuk menunjang dan meningkatkan kegiatan akademis di lingkungan sekolah, secara spesifik yaitu meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar melalui variasi metode pembelajaran oleh guru-guru SMP Negeri 1 Klirong. Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar. Diharapkan dengan metode pembelajaran yang bervariasi akan mengurangi tingkat kejenuhan peserta didik saat kegiatan belajar mengajar dan juga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi peserta didik saat di kelas sehingga materi kuliah dapat diserap secara optimal oleh peserta didik.

Ibu Tri Nurhayati, S.Pd. mengawali dengan pertanyaan-pertanyaan pemantik terkait kondisi peserta didik yang ada di SMP Negeri 1 Klirong, kemudian dilanjutkan dengan ice breaking bersama bapak/ibu guru. Materi yang dipaparkan mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi para guru/pendidik saat ini, bagaiman cara menerapkan strategi pembelajaran dengan minat siswa (diferensiasi konten) dan proses pembelajaran siswa (diferensiasi proses). Dilanjutkan pada bagaimana proses pembelajaran serta visi dan misi sekolah saling terkait dan harus selaras untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi. Saat mengajar, guru perlu menyusun strategi pembelajaran agar materi-materi yang disampaikan dapat terserap dan dipahami oleh peserta didik.

Pada sesi kedua, setelah ishoma dilanjutkan narasumber Ali Wibowo, S.Pd. Beliau memaparkan bagaimana membuat film dokumenter merdeka belajar semua siswa istimewa dan pengenalan gaya belajar siswa yang menarik agar peserta didik antusias dan aktif mengikuti pembelajaran. Gaya belajar berkaitan dengan kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap pengetahuan dan bagaimana informasi atau pengetahuan yang diperoleh diatur dan diproses. Memahami gaya belajar adalah cara yang konsisten bagi siswa untuk memahami, mengingat, berpikir dan memecahkan masalah dengan rangsangan dan informasi.�

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG