SCREENING KESEHATAN UPAYA AWAL DETEKSI DINI


SMP Negeri 1 Klirong-Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan siswa, Tim UKS Puskesmas Klirong 1 mengadakan Tes Screening Kesehatan yang merupakan program rutin setiap tahun.  Tim UKS Puskesmas Klirong 1 membawahi SD, SMP, SMA wilayah bagian utara Desa Klirong. Hari Selasa (16/8) merupakan jadwal screening kesehatan SMP Negeri 1 Klirong yang wajib diikuti oleh semua siswa kelas 7, 8 dan 9  atau sekitar 756 siswa.

Screening kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Klirong 1 meliputi: penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kesehatan gigi, dan mulut serta pemeriksaan kesehatan telinga, mata dan golongan darah. Di samping itu untuk pelajar putri tingkat SMP dan SMA sederajat ditambah dengan sosialisasi tentang menstruasi atau haid serta pemberian tablet FE (zat besi).

Tujuan dilaksanakannya screening kesehatan ini, untuk mendeteksi dini kesehatan siswa, tidak hanya itu saja, tetapi ada sosialisasi tablet penambah darah (tablet FE ) yang harus dikonsumsi setiap minggu sekali selama 8 bulan, ini merupakaan program pemerintah untuk menyiapkan remaja putri sehat sejak dini” ujar Retno Sulistyarini, S.Pd saat ditemui di ruang screening, Selasa (16/8).

Tim screening beraggotakan dokter, perawat, perawat gigi, dan petugas lab. screening kesehatan yang dilakukan berupa tes tajam penglihatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan telinga, pemeriksaan gigi, dan golongan darah. Hasil dari kegiatan screening diserahkan kembali ke sekolah untuk kemudian dilakukan tindak lanjut. Bagi siswa yang sekiranya perlu tindakan medis, diberikan rujukan agar dapat memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. Kasus yang banyak dijumpai adalah dalam hal tajam penglihatan. Setiap kelas hampir ada yang minus karena tajam penglihatannya berkurang, sehingga perlu alat bantu kaca mata.

Screening kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama-sama tim kesehatan remaja dan guru sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS Puseksmas Klirong 1. 

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG