IN HOUSE TRAINING IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA


SMP Negeri 1 Klirong-Dalam rangka menyambut kurikulum baru SMP Negeri 1 Klirong menyelenggarakan In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka pada 31 Mei, 4-6 Juli 2022 bertempat di SMP Negeri 1 Klirong dengan menghadirkan narasumber pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Adhy Suroso, M.Pd dan Toto Prabawa, M.Pd. Acara ini merupakan persiapan menuju pemberlakuan kurikulum merdeka di tahun ajaran baru mendatang. Materi IHT : 1. Penjelasan KTSP dan KOSP 2. Review Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah 3. Pengenalan Struktur Kurikulum Sekolah 4. Implementasi Kurikulum Merdeka 5. Pengenalan dan Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 6. Pengenalan dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka 7. Prosedur Pembuatan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 8. Prosedur Pembuatan Modul Ajar 9.Prosedur Pembuatan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kepala SMP Negeri 1 Klirong, Drs. Supriyatin Nur Widayat dalam sambutannya melalui IHT ini bapak dan ibu guru dapat lebih memahami tentang apa itu kurikulum merdeka dan cara pengimplementasiannya. Sehingga sekolah dapat mengambil keputusan bersama tentang kurikulum yang akan dilaksanakan di tahun pelajaran yang baru nanti.

IHT dengan tema “Revisi KTSP, Pengembangan Kurikulum, Penyusunan RPP, dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)” diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMP Negeri 1 Klirong dengan tertib dan antusias menyambut perubahan kurikulum baru.

Tujuan umum IHT implementasi merdeka belajar dalam penyusunan perangkat pembelajaran adalah meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi  pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan merdeka belajar.

Pada hari pertama IHT penyajian materi oleh Bapak Adhy Suroso, M.Pd memaparkan tentang kurikulum merdeka beserta dengan karakteristik & prinsip  kurikulum merdeka serta kelebihannya dibandingkan dengan kurikulum terdahulu. Adapun prinsip Kurikulum merdeka yaitu bertahap, kemerdekaan, dukungan, berbagi, dan kolaborasi.  IHT hari ini diakhiri dengan sesi tanya jawab berkaitan dengan kurikulum merdeka.

Hari ke dua pembagian tugas mengajar oleh Ibu Katriningsih, M.Pd selaku Waka sekolah dan review KTSP dan KOSP sesuai dengan profil pelajar pancasila oleh kepala sekolah Drs. Supriyatin Nur Widayat.

Hari ke tiga diisi oleh Bapak Hary Susanto dengan membuat perangkat pembelajaran melalui aplikasi e-learning / Learning Management System (LMS) untuk memudahkan bapak dan ibu guru dalam mengajar dengan memanfaatkan digital mengikuti perkembangan zaman di era millenial.

Hari ke empat disajikan materi oleh Bapak Toto Prabawa, M.Pd dengan materi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila. Beliau memberikan paparan terkait Capaian Pembelajaran, Modul Ajar, dan Perangkat Ajar. Beliau juga menyampaikan terkait tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. IHT hari ini diakhiri dengan sesi tanya jawab berkaitan dengan kurikulum merdeka.

Semoga program In House Training: Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Klirong dapat memberikan wawasan terkait kurikulum merdeka serta meningkatkan kesiapan bapak dan ibu guru dalam menyambut penerapan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru.

@herlindafb

Copyright © 2019 - 2023 SMP NEGERI 1 KLIRONG