UJIAN PRAKTIK DI MASA PANDEMI ? KENAPA TIDAK ?


SMP NEGERI 1 KLIRONG- Memasuki masa ujian akhir bagi peserta didik kelas IX, SMP Negeri 1 Klirong tahun pelajaran 2021/2022 melaksanakan ujian praktik di masa pandemi. Berdasarkan surat edaran Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kebumen tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 tahun 2022, panitia ujian mengonsep seluruh pelaksanaan ujian secara terbatas PTM 50 %.  Kegiatan ini dilaksanakan selama 8 hari terhitung tanggal 14 - 22 Maret 2022. Kegiatan Ujian Praktik ini dilakukan pada beberapa mata pelajaran, yaitu:

  1. Pendidikan Agama
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. IPA
  5. IPS
  6. Bahasa Jawa
  7. Informatika/TIK
  8. Seni Budaya
  9. PJOK

Ujian praktik tahun ini dilaksankan secara terbatas di bagi ke dalam dua sesi.  Tujuannya adalah demi pencegahan penyebaran virus Corona baik secara umum masyarakat maupun khususnya siswa sekolah. Antisipasi dilakukan sejak dini di mana sebelumnya semua siswa harus datang ke sekolah untuk melaksanakan ujian praktik secara serempak, maka sekarang terbatas 50%. Pada kegiatan ini pihak sekolah diminta aktif memantau perkembangan peserta didiknya.

“Pandemi tidak boleh menjadi penghalang bagi siswa untuk terus belajar. Bukan juga penghalang bagi proses penilaian dalam pembelajaran. Karena itu ujian praktik tetap digelar dengan tetap menerapkan prokes yang ketat.” Ujar Endang Puspowati,S.Pd. penguji praktik mata pelajaran Bahasa Inggris saat ditemui di ruang kurikulum Sabtu siang (22/3)

Sutarsih, S.Pd. menambahkan, pelaksanaan ujian praktik Informatika berjalan dengan lancar, sukses, dan tidak ada kendala apapun walaupun dilaksanakan dalam 2 sesi / PTM terbatas. Harapannya semoga ujian praktik tahun depan tidak pandemi dan sekolah normal kembali.

Masing-masing guru merencanakan dan membuat kisi-kisi sesuai kompetensi masing masing mata pelajaran. Siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan ujian praktik dengan khidmat dan sungguh sungguh. Nilai dari kegiatan ujian praktik ini kemudian digabungkan dengan bobot tertentu seperti ujian sekolah lalu menjadi nilai mata pelajaran yang akan menentukan kelulusan siswa kelas IX.

-@herlindafb-

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG