Ujian Praktek Pendidikan Agama Islam Tahun 2019


Ujian praktek merupakan salah satu aspek yang harus ditempuh oleh siswa kelas IX SMP N Klirong sebelum mendapatkan predikat lulus di sekolah tersebut. Pada hari Jumat,15 Maret sampai Selasa 26 Maret 2019 siswa kelas IX SMP N Klirong melaksanakan ujian praktek. Ujian praktek dilaksanakan menjadi 3 aspek yang diuji meliputi: Penjasor, Prakarya, dan Pendidikan Agama Islam. Setiap aspek diuji oleh guru yang sudah ditunjuk oleh panitia ujian praktek SMP N Klirong tahun 2019. Salah satu ujian praktek yang dipersiapkan oleh siswa yakni Pendidikan Agama Islam.

Pendidikan Agama Islam yang menjadi pokok dalam mata pelajaran setiap sekolah diujikan kepada para siswa SMP N Klirong. Ujian praktek Pendidikan Agama Islam dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Maret 2019 dari jam 08.00 sampai 13.00 WIB. Pokok-pokok yang diuji meliputi 2 aspek, yakni aspek Al-Quran dan Fiqih. Aspek Al-Quran meliputi membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, hafalan ayat-ayat pendek dalam Al-Quran. Sedangkan aspek Fiqih meliputi praktek sujud sahwi, sujud syukur, dan sujud tilawah. Selain itu, siswa juga mempraktekkan salat jamak dan qasar di musholla At-Taqwa.  

Ujian praktek Pendidikan Agama Islam diujikan oleh guru Pendidikan Agama Islam SMP N Klirong yang meliputi 3 orang yaitu Dra. Siti Nur Markhamah (Penguji 1), Salipah, S.Ag., dan Suharyadi, S.Pd (Penguji 2). Setiap penguji dan siswa merasakan semangat dan antusias yang luar biasa dalam melaksanakan ujian praktek. Hal tersebut dibuktikan dengan semangat siswa yang berusaha keras untuk mendapatkan nilai yang terbaik, dari aspek hafalan dan membaca Al-Quran.

Dengan diadakannya ujian praktek Pendidikan Agama Islam siswa diharapkan mampu untuk menguasai aspek Al-Quran dan Fiqih yang telah diujikan pada level psikomotor dalam implementasi kurikulum K13 di sekolah. Selain itu, siswa suatu saat nanti diharapkan dapat mengaplikasikan hal tersebut pada masyarakat. Sehingga siswa tersebut dapat menyebarluaskan ilmu yang telah didapatkan di sekolah sehinggu ilmu tersebut menjadi ilmu yang bermanfaat baik di dunia dan akherat. Amiin.

Kebumen, 20 Maret 2019: Suharyadi.

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG