SMP N 1 KLIRONG LAKSANAKAN DARING BY HANDY TALKY (HT) DI MASA PANDEMI


SMP N 1 KLIRONG-Pandemi yang sedang melanda di dunia telah menyerang seluruh aspek kehidupan. Salah satunya aspek pendidikan. Pendidikan adalah aset berharga bagi negara. Setiap anak berhak mendapat pendidikan. Sebagai generasi emas, mereka juga harus dibekali dengan pendidikan yang baik.

            Di masa pandemi ini, roda pendidikan harus terus berputar, kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan. Setiap lembaga pendidikan sudah mempunyai kebijakan sendiri mengenai kegiatan belajar mengajar. SMP Negeri 1 Klirong memberlakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) sebagai kegiatan belajar mengajar.  Kegiatan PJJ ini didukung oleh penggunaan aplikasi google classroom sebagai fasilitas guru dan murid untuk meningkatkan kolaborasi dan komunikasi serta sebagai sarana feedback dalam pemberian maupun masukan tugas dan materi.

            Alternatif lain yang dihadirkan oleh SMPN 1 Klirong adalah belajar by HT atau belajar dengan menggunakan media HT ( Handy Talkie ). Tujuan penggunaan HT ini adalah untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar antara peserta didik dengan pendidik. Selain itu, tujuannya adalah agar kegiatan belajar mengajar lebih bervariasi sehingga dapat menghilangkan rasa jenuh peserta didik.

            Skenario belajar by HT adalah pendidik menyampaikan materi pembelajaran lewat HT di studio sekolah. Peserta didik sudah siap menerima pembelajaran secara berkelompok di kelompoknya masing-masing. Adapun materi dan tugas yang disampaikan pendidik sudah tersedia di google classroom. Belajar by HT di SMPN 1 Klirong mulai dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2020. Kegiatan ini berlangsung setiap hari dimulai pukul 07.30 sampai pukul 10.15 dengan jumlah 3 mata pelajaran yang disampaikan secara bergantian oleh pendidik. Pelaksanaannya juga bergantian hari, dimulai dari kelas VII, VIII, dan IX. Setiap kelompok mempunyai guru pendamping yang memantau kegiatan belajar peserta didik. Jumlah peserta didik dalam setiap kelompok dibatasi sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

            Belajar by HT ternyata menyenangkan. Para siswa bisa bertemu dengan teman-teman di kelompoknya. "Senang karena bisa belajar bersama teman-teman. Jadi lebih paham karena materi dijelaskan lewat HT oleh guru," ungkap Ernawati, siswa kelas VII. Sejalan dengan penuturan oleh guru pendamping, Dra. Eti Sriyatmi "Lebih mudah berkomunikasi dengan anak-anak karena bersifat dua arah. "

            Alasan pemilihan HT sebagai media belajar karena mempunyai beberapa kelebihan. Kelebihan media HT antara lain jangkauan luas karena memakai gelombang radio dan memudahkan dalam pengawasan. Dengan adanya kegiatan belajar by HT di SMPN 1  Klirong ini diharapkan dapat memaksimalkan tujuan pembelajaran lewat komunikasi antara pendidik dengan peserta didik. Selain itu, kegiatan belajar by HT diharapkan dapat meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik dengan kehadiran dan sikap selama belajar kelompok, meningkatkan semangat peserta didik dalam belajar, serta dapat menghilangkan rasa jenuh selama pandemi ini.

Belajar adalah sebuah proses yang tidak pernah berakhir. Di masa pandemi, kegiatan belajar juga harus terus berlangsung dengan berbagai solusi demi eksistensi pendidikan di Indonesia.

By:      Kurniani Oktaviani, S.Pd.

            Tri Susilastuti, S.Pd.

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG