Pesantren Ramadan SMP Negeri 1 Klirong, Tanamkan Akhlak bagi Siswa


Klirong - Ada yang istimewa di setiap bulan Ramadan. Salah satunya adalah kegiatan Pesantren Ramadan. Setelah dua tahun pandemi bergulir dan adanya kelonggaran pembatasan sosial, kegiatan tersebut bisa diselenggarakan kembali di SMP Negeri 1 Klirong. Kegiatan ini tentunya dilaksanakan dengan tetap menjaga prokes yang ada. Kegiatan yang diikuti kelas VII dan VIII ini dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 25-26 April 2022. 


Kegiatan Pesantren Ramadan SMPN 1 Klirong dilaksanakan di kelas masing-masing. Kegiatan diawali dengan tadarus sampai penjelasan materi tentang keagamaan. Semua guru juga dilibatkan untuk mengisi materi tersebut. Mulai dari materi tentang Puasa, Zakat Fitrah, Akhlak, dan Doa/Dzikir. 

Pemilihan materi-materi tersebut bertujuan untuk menunjang materi Ramadan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Panitia Pesantren Ramadan, Siti Nurmarhamah.

"Jadi kegiatan Pesantren Ramadan ini merupakan program OSIS yang diadakan untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadan. Adapun tujuannya adalah untuk mendalami ilmu keagamaan, meningkatkan kualitas ibadah serta menguatkan karakter siswa agar menjadi lebih baik lagi," 


Para siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan ini. Ada kesan yang positif dari kegiatan tersebut. 

"Sangat senang karena setelah dapat materi tentang keagamaan menjadi lebih semangat lagi dalam mendalami ilmu agama dan juga lebih disiplin lagi ketika melaksanakan salat lima waktu," ujar Lyvia, siswa kelas VIII.2

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG