PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 KLIRONG TAHUN 2020


            Pada hari Kamis, 12 November 2020 di SMP Negeri 1 Klirong kedatangan tamu spesial dalam rangka visitasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMP Negeri 1 Klirong. Visitasi Peniaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kebumen melalui beberapa pengawas khususnya pengawas SMP se kabupaten Kebumen. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas  dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.  Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), dilakukan oleh pengawas yakni Bapak Sairun, S.Pd., M.Pd. dan H. Toto Prabawa, S.Pd., M.Pd. dari Dinas Pendidikan Kebumen.

            Standar pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu unsur strategis dalam peningkatan mutu. Fokus utamanya adalah bagaimana meningkatkan kemampuan profesional kepala sekolah secara terencana melalui proses perbaikan mutu secara berkelanjutan. Tujuan dari Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) untuk mengetahui kualitas kemampuan kepala sekolah dan ketercapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) di sekolah. Manfaat yang diperoleh dari Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)  adalah untuk menentukan indeks prestasi guna menentukan kebijakan promosi, mutasi, penghargaan dan pembinaan kemampuan profesional serta  penilaian angka kredit.

         Kepala sekolah yang profesional mampu merumuskan mutu lulusan yang ideal untuk satuan pendidikan yang dipimpin. Keunggulan profesi ditentukan dengan kesanggupan untuk mewujudkan cita-cita terbaik sekolah. Maka dari itu, setiap kepala sekolah harus memiliki keterampilan untuk  mendeskripsikan indikator dan kriteria mutu lulusan yang dicita-citakannya sebagai landasan pengembangan visi, misi, tujuan, dan strategi. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) di SMP Negeri 1 Klirong, meliputi 6 standar kompetensi. Kompetensi-kompetensi tersebut:

Kompetensi Kepribadian dan Sosial, oleh  Drs. Rusman dan Wiji A. S.Pd.

Kompetensi Kepemimpinan dan Pembelajaran, oleh Retno S. S.Pd. dan Bagus D.H. A. Md.

Kompetensi Pengembangan Sekolah, oleh Anesih, S.Pd. dan Siwi Priyatini, A. Md.

Kompetensi Manajemen Sumberdaya, oleh Tobagus M.A. M.Pd. dan Teguh I. S.Sos.

Kompetensi Kewirausahaan, oleh Endang P. S.Pd. dan Dra. Eti S.

Kompetensi Supervisi Pembelajaran, oleh  Katriningsih, M.Pd. dan Dra. Pariyah.

             Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) di SMP Negeri 1 Klirong, berlangsung secara lancar mulai dari jam 08.00 sampai jam 13.00 WIB. Rangkaian pelaksanaan kegiatan secara formal diisi dengan diawali pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah SMP Negeri 1 Klirong, yakni bapak Drs. H. Bambang Widadi dan berikutnya dari perwakilan Tim Penilai Kinerja Kepala Sekolah yakni bapak Sairun, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah sebagai bentuk pembinaan untuk menjaga profesionalitas kepala sekolah dalam melaksanakan tugas. Prinsip Penilaian Kinerja Kepala Sekolah sesuai amanat Permendikbud No.6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah dan menekankan bahwa beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru, tenaga kependidikan dan sosial.

             Setelah selesai memberikan sambutan tim penilai langsung melanjutkan penilaian (action) dengan menggunakan metode studi dokumen/portofolio dan wawancara. Setiap kompetensi menyampaikan hasil kinerjanya kepada tim penilai. Di masa pandemi Covid 19, tim penilai memberikan apresiasi yang baik kepada SMP Negeri 1 Klirong yang telah semangat memberikan pembelajaran melalui online (google clasroom dan handy talky)terutama kepada tenaga pendidik dan kependidikan. Semua itu bisa dicapai karena ada kekompakkan dan kerjasama antar elemen-elemen.  Sebagai penutup, hasil dari Penilaian Kinerja Kepala Sekolah tahun 2020 semoga membawa manfaat, berkah, dan evaluasi bagi semua komponen yang ada di SMP Negeri 1 Klirong menjadi lebih baik, dan menjadi lebih maju sesuai dengan apa yang ada di visi dan misi sekolah tersebut.

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG