PENGUATAN KEDISIPLINAN SISWA SMP NEGERI 1 KLIRONG MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DAN BELA NEGARA


SMP NEGERI 1 KLIRONG- Penanaman moral melalui pendidikan karakter sejak usia dini adalah kunci yang paling tepat untuk membangun bangsa. Dalam rangka membentuk kepribadian tangguh sesuai dengan identitas bangsa Indonesia, SMP Negeri 1 Klirong melaksankan Pendidikan Karakter dan Bela Negara bekerja sama dengan Koramil Klirong. Kegiatan ini dilaksanakan selama sepekan terhitung 14-19 Maret 2022. Peserta pendidikan karakter diikuti oleh siswa kelas VII dan VIII.

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Pelaksanaan Pendidikan Karakter dan Bela Negara tahun ini dilaksanakan secara luring terbatas dibagi dalam dua sesi. Sesi 1 siswa dengan nomer urut 1-16, sesi 2 dengan nomer urut 17-31.

Materi yang diberikan sangat beragam mencakup: Peraturan Baris-berbaris (PBB), Kedisiplinan, Pancasila dalam pembentukan karakter Bela Negara, Pola Hidup Sehat, Bahaya Merokok, miras dan obat-obatan terlarang.

“Tujuan pendidikan karakter untuk mendisiplinkan siswa agar berbudaya, bahwa disiplin tidak hanya baris-berbaris, tetapi datang ke sekolah tepat waktu, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Apalagi di masa pandemi ini, kedisiplinan siswa cenderung menurun. Oleh karena itu, kedisiplinan sangat penting bagi siswa” Tutur wakil kepala sekolah, Katriningsih,M.Pd saat di temui di ruang guru Rabu siang (16/03)

Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri ke arah hidup yang lebih baik secara umum.

Tujuan pendidikan karakater dilakukan untuk mendidik para siswa agar menjadi pribadi yang bermartabat. Dalam penerapannya, Pemerintah menitikberatkan pada beberapa nilai yang harus dimiliki oleh para siswa.

Mengingat masih adanya penyebaran Covid-19, Drs. Supriyatin Nur Widayat selaku Kepala sekolah mengingatkan agar peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan tetap beraktivitas dengan aman dengan mematuhi protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

-@herlindafb-

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG