MOTIVATION & PARENTING CLASS : MEREKA BISA, AKU PASTI BISA !


SMP NEGERI 1 KLIRONG-“Kamulah yang berkuasa atas dirimu sendiri, kau adalah penentu takdirmu sendiri”. Kalimat motivasi Dhamar Aji dengan penyampaian khas seorang motivator yang begitu ekspresif, dan sekali-kali mengeluarkan ‘jokes’ ringan. Kesuksesan merupakan dambaan setiap orang. Berbagai jalan ditempuh untuk meraihnya. Salah satunya adalah SMP Negeri 1 Klirong. Keinginan untuk mengantarkan siswa kelas IX meraih sukses dalam ujian maupun asesmen yang akan ditempuh, sekolah menggelar kegiatan bertajuk motivasi, parenting, dan doa bersama. Tema yang diambil “Mereka Bisa, Aku Pasti Bisa”. Dalam rangka  memberikan motivasi kepada siswa kelas IX yang sebentar lagi akan menempuh Ujian Sekolah (US) sebagai penentu kelulusan.

Motivasi dan  parenting adalah program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 1 Klirong sebagai bentuk tanggung jawab lembaga yang bekerjasama dengan orangtua untuk mendidik dan memotivasi siswanya. Kegiatan ini diisi oleh motivator Dhamar Aji, SE, CH, CHt, CMH dari Global Hypnosis Center didampingi Magician Kebumen John Silombo. Metode yang dilakukan adalah Hypno Motivation dengan memberikan motivasi pikiran bawah sadar berupa sugesti-sugesti positif.

Kegiatan motivasi diikuti semua siswa kelas IX berjumlah 257 orang pada Minggu, 27 Maret 2022. Tidak hanya siswa yang menjadi sasaran kegiatan ini, tetapi wali murid juga turut hadir di sesi 2 sebagai pendukung motivasi siswa dalam meraih kesuksesan. Kesuksesan seorang anak merupakan kebanggaan setiap orang tua, namun keberhasilan seseorang anak tentu tidak terlepas dari peran orang tua. Mulai dari pendidikan dan kebiasaan, semua terbentuk dari orang tua.

Pendidikan bermuara pada keluarga. Keluarga menjadi tempat pertama dan utama dalam membentuk karakter dan pendidikan anak. Anak dibesarkan oleh orang tua di rumah yang menjadi tempat pertama bagi anak-anak mendapatkan pelajaran dan pembelajaran dari orang tuanya. Sehingga rumah dan keluarga adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya menumbuhkan karakter dan pribadi sang anak. 

Tujuan kegiatan parenting ini adalah untuk lebih memberikan semangat belajar kepada siswa, sistem pendekatan antara sekolah dengan siswa, sekolah dengan orang tua dan yang paling penting lagi antara siswa dengan orang tua. Begitu juga motivasi yang diberikan motivator Bapak Dhamar Aji memberikan semangat kepada seluruh siswa untuk dapat meningkatkan potensi belajar, baik belajar di sekolah maupun belajar di rumah dengan pengawasan orang tua.

Pada pertengahan acara diisi hiburan sulap oleh John Silombo. Berbagai trik sulap ditampilkan di depan para siswa. Mereka terhibur, senang dan antusias mengikuti kegiatan ini.

Di akhir acara, Dhamar Aji memberikan Hipnoterapi Massal para siswa untuk motivasi, pemberdayaan diri, pembentukan karakter dan menghadapi Ujian Sekolah 2022. Semua siswa tertidur dan di alam bawah sadarnya menerima perintah dari sang motivator. Setiap perintah sang motivator, di patuhi oleh siswa.

Hipnoterapi adalah salah satu jenis terapi yang menggunakan metode relaksasi, konsentrasi intens, dan perhatian yang terfokus agar terciptanya kesadaran yang lebih tinggi atau disebut juga dengan 'trance'. Hal ini berguna untuk meningkatkan fokus seseorang, terutama agar lebih menerima sugesti.

Di sesi refleksi, para siswa diajak untuk bisa merefleksi dan diberikan pengarahan yang berkaitan dengan bagaimana cara menggali dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk bekal mengarungi jenjang kehidupan selanjutnya. Di samping itu, mengajak siswa untuk flashback atau mengingat kembali untuk apa kita diciptakan dan bagaimana harus berkarya.

"Ketekunan membuat yang mustahil menjadi mungkin, yang mungkin menjadi kemungkinan besar, dan kemungkinan besar menjadi kenyataan. Mereka bisa, AKU PASTI BISA !”

-@herlindafb-


Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG