MENYONGSONG MASA DEPAN DENGAN TAMBAHAN MATERI PELAJARAN


Salah satu moment yang sudah melekat bagi kelas IX adalah kegiatan les atau tambahan materi pelajaran. Memasuki kelas IX, kegiatan les atau tambahan materi pelajaran sudah umum dilaksanakan di sekolah-sekolah. Salah satunya di SMPN 1 Klirong. Kegiatan les sudah dimulai sejak akhir tahun lalu dan masih berjalan sampai sekarang. Di masa pendemi ini, tentunya ada sedikit perbedaan dalam kegiatan belajar mengajarnya. Sebelum ada peraturan penerapan PTM 100%, dari pemerintah, kegiatan les di SMPN 1 Klirong dilaksanakan secara terbatas. Dimulai dari hal kehadiran siswa yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama untuk siswa dengan nomor urut 1-16 dan sesi kedua dari nomor 17-32/33. Siwa datang juga secara selang-seling. Siswa yang jadwal paginya PJJ di rumah, ketika siang datang ke sekolah untuk mengikuti kegiatan les. Sebaliknya, siswa yang jadwal paginya PTM di sekolah, ketika siang belajar di rumah. Meskipun sekolah sudah menerapkan PTM 100%, kegiatan les tetap harus mengikuti prokes yang ada.

Selanjutnya, durasi waktu kegiatan les dibatasi hanya dua jam. Les dimulai pukul 12.30 – 14.30 WIB.  Kegiatan ini dilaksanakan setelah KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) selesai. Kegiatan yang berlangsung dari Senin sampai dengan Sabtu ini, hanya menyajikan dua mata pelajaran setiap harinya. Setiap pelajaran dibatasi hanya satu jam. Oleh karena itu, guru berusaha semaksimal mungkin agar dapat mencapai tujuan pembelajaran guna menyongsong ujian sekolah nanti.

Guru biasanya melakukan pengulangan materi pelajaran kelas VII dan VIII dengan diberi penguatan materi. Selain itu, guru juga memberikan latihan soal untuk mengukur kemampuan siswa. Dalam hal ini, guru memilih soal-soal yang mengarah pada soal-soal ujian sekolah.

“Awal pertemuan sekitar dua pertemuan, kita beri pengulangan materi terlebih dahulu agar siswa mengingat materi yang dulu, lalu pertemuan selanjutnya kita beri soal-soal yang kemudian kita bahas sehingga pembahasan bisa bercabang banyak hanya dari satu soal,” ujar Siti Khamidah, guru IPS kelas IX.

Mengingat kegiatan berlangsung masih saat pandemi, beberapa hambatan masih ditemui oleh siswa dan guru.

“Saat guru mengulang materi pelajaran kelas VII dan VIII, terkadang lupa materinya” kata Olyvia Agustien, siswa kelas IX.8.

Dari sisi guru, masih terdapat beberapa siswa yang kurang serius dalam mengikuti kegiatan les.

“Beberapa siswa kurang fokus dan serius ketika di kelas,” ujar Siti Khamidah.

Meskipun terdapat hambatan, semangat siswa untuk memaksimalkan kemampuan juga masih ada. Hal ini dikarenakan kegiatan les atau tambahan materi pelajaran ternyata ada manfaatnya, salah satunya me recall informasi atau materi yang sudah ada.

“Terkadang guru mengulang materi ada gunanya juga untuk mengaktifkan otak yang dulu kurang diasah karena lama PJJ di rumah,” kata Olyvia.

By: Kurniani Oktaviani, S.Pd.

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG