Mengukir Prestasi Melalui Ajang Lomba Cerdas Cermat Museum


LCC (Lomba Cerdas Cermat) Museum Ranggawarsita adalah ajang lomba yang diselenggarakan tiap tahun di tingkat Propinsi Jawa Tengah. Lomba ini diikuti oleh perwakilan dari 35 Kabupaten di Jawa Tengah. Untuk bisa maju ke tingkat Provinsi, di Kabupaten dilaksanakan dahulu seleksi untuk mencari wakil yang akan dikirim ke Provinsi. Pada tahun-tahun sebelumnya, tidak ada seleksi di kabupaten, hanya penunjukan saja dari dinas. Tahun ini diadakan seleksi secara daring, peserta mengerjakan link soal kemudian dizoom oleh pembina dengan dipantau dari Kabupaten. Dari 10 peserta sekolah, SMP Klirong menempati peringkat pertama dan berhak mewakili ke tingkat provinsi.
Akhirnya pada tanggal 5 Maret 2024, SMPN 1 Klirong mewakili ke babak semifinal. Di babak semifinal ini, langkah peserta dari SMPN 1 Klirong harus terhenti. Final akan dilaksanakan tanggal 6 Maret 2024 dan juara 1 akan maju mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional. Meskipun harus berhenti sampai di semifinal harapan tetap ada. Seperti yang disampaikan oleh pembina peserta dari SMPN 1 Klirong.
"Karena sosialisasi yang kurang jadi jumlah peserta di tingkat kabupaten sedikit." "Selain itu, banyak sekolah yang tidak tahu atau tidak mengirimkan wakilnya, untuk tingkat provinsi, ada 35 kabupaten, tapi peserta hanya 25 kabupaten saja, ada 10 yang tidak mengirimkan wakilnya, ada juga yang kesalahan administrasi, pesertanya sudah kelas IX dan didiskualifikasi."
"Untuk kedepannya harus betul-betul ada persiapan yang matang, materi yang jelas atau silabusnya sehingga apa yang dipelajari anak bisa terarah, dan perlu diadakan seleksi seperti LCC di tingkat provinsi jadi anak-anak sudah terlatih ketika maju di tingkat berikutnya, disdik mungkin menggandeng MGMP IPS Kabupaten juga untuk pembimbingan berikutnya," ujar Khamidah, guru IPS SMPN 1 Klirong.
Juara 1 tingkat provinsi tahun 2024 berhasil diraih oleh SMP Negeri 1 Salaman, Magelang yang kemudian akan maju ke tingkat nasional. (Khamidah)

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG