Mengajar Lebih Berwarna dengan Aplikasi Canva


Klirong- Rabu (6/12/2022), kegiatan Pasca PAS (Penilaian Akhir Semester) 1 di SMP Negeri 1 Klirong masih terus bergulir.  Selain siswa yang aktif mengikuti kegiatan tersebut, para guru juga tidak melewatkannya begitu saja. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan media canva. Kegiatan yang bertempat di laboratorium komputer tersebut diisi oleh narasumber yang merupakan guru SMP Negeri 1 Klirong. Beliau adalah Ali Wibowo, guru Matematika yang aktif dalam pembuatan media pembelajaran dengan berbagai aplikasi. 

Pelatihan pembuatan media pembelajaran memanfaatkan aplikasi canva. Canva, sebuah aplikasi yang sedang ngehits digunakan oleh para pelaku di dunia pendiidikan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Supriyatin Nur Widayat, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Klirong.

“Canva sekarang merupakan media pembelajaran yang banyak digunakan oleh para guru untuk membuat berbagai jenis desain pembelajaran,” ujar Supriyatin Nur Widayat.

Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis canva adalah membuat presentasi pembelajaran. Guru dapat membuat presentasi pembelajaran di kelas dengan semenarik mungkin. Pelatihan dimulai dengan memasukkan akun pembelajaran untuk masuk ke aplikasi canva. Tujuan log in menggunakan akun tersebut menguntungkan para guru untuk mendapatkan desain-desain pro tanpa harus membeli desain tersebut.

“Kelebihan canva adalah desain-desainnya beragam dan jika masuk menggunakan akun pembelajaran, maka kita akan mendapat keuntungan tidak bayar memilih yang pro,”  ungkap Ali Wibowo.

Pelatihan dilanjutkan dengan membuat presentasi materi pembelajan yang bisa dipilih desainnya sesuai selera. Selain itu agar tampilan presentasi bisa dikreasikan, berbagai element dan fitur yang terdapat dalam desain atau template juga bisa dimanfaatkan. Tampilan presentasi juga dapat disisipi dengan gambar atau video sesuai materi yang diajarkan. Selain itu, presentasi juga bisa diisi dengan background suara pengisi materi dengan menyisipkan audio ke dalam presentasi. Dengan berbagai fitur dan elemen yang ditawarkan oleh canva, hal tersebut dapat menjadi kelebihan canva dibandingkan dengan aplikasi pembelajaran lainnya. 

“Kelebihan canva adalah banyaknya elemen dan fitur yang bisa kita kreasikan sesuai desain yang kita inginkan.”

“Selain itu, desain canva yang kita buat dapat dijual dan desain yang dibuat dapat disimpan dalam berbagai bentuk, mulai dari pdf, jpg/jpeg, video, dan gif,” ujar Ali Wibowo.

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG