English Fun at KIK (Kampung Inggris Kebumen)


Tanggal 6-20 Maret 2019 menjadi momen yang berharga bagi siswa-siswa SMPN 1 Klirong. Sekolah mengirimkan beberapa putra/putri terbaik, yakni Nanda, Amanda, Fakhrudin, Samuel, Riska, Annisa,   Tyas, dan Wahyu untuk belajar bahasa Inggris di KIK (Kampung Inggris Kebumen), Jatijajar, Kebumen. Kegiatan dimulai dengan welcoming, yakni penyambutan peserta KIK dari para staff dan tutor KIK. Semangat dan senyuman tergambar dari wajah para peserta yang tidak lain adalah siswa-siswa SMP Kebumen. Semangat ini ternyata terus tumbuh dalam kegiatan sehari-hari mereka, mulai dari bangun untuk sholat malam, sholat berjamaah, makan bersama, sampai pembelajaran di kelas. 

Siswa-siswa SMPN 1 Klirong terbagi menjadi 4 kelas dan beberapa homestay. Nanda, Annisa, Riska belajar di kelas Harvard. Fakhrudin, Samuel, dan Wahyu di kelas Stanford. Amanda dan Tyas di kelas Sorbonne sementara Dimas dan Fahri di kelas Leiden. Pembagian kelas ini bertujuan untuk belajar sosialisasi dengan peserta dari sekolah lain. Kegiatan yang paling sering mereka habiskan adalah pembelajaran speak up di kelas. Pembelajaran bahasa Inggris dilakukan dengan melafalkan secara lantang dan keras setiap kosakata yang sedang mereka pelajari. Tidak hanya sebatas itu, pembelajaran di kelas juga diajarkan oleh para tutor dengan cara yang kreatif dan diselingi dengan banyak jargon. Kegiatan speak up juga beberapa kali dilakukan di luar ruangan. 

Kegiatan KIK tidak hanya monoton di kelas juga, tetapi juga ada outbond. Berdasarkan hasil voting yang dilakukan oleh anak-anak, outbond dilaksanakan di Goa Jatijajar.

Minggu, 17 Maret 2019 kegiatan outbond dimulai dengan berdoa bersama dilanjutkan dengan pemberitahuan student of the day (siswa teraktif di kelas). Amanda berhasil menjadi salah satu student of the day selama 4 kali. Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking, dan beberapa games.

Kegiatan KIK ditutup dengan SSS (student Specta Show) yang menyuguhkan bakat para peserta KIK. Fakhrudin, Riska, Annisa tampil holy Quran dan baca terjemahan. Nanda command. Wahyu dan Muel parade komentar.  Amanda pidato. Fahri menjadi MC sementara Dimas tampil membaca puisi.  Kegiatan SSS juga diselingi dengan pemberian penghargaan kepada para siswa yang berprestasi. Sekali mendayung, 2 tiga pulau terlampaui begitipun dengan perolehan prestasi yang didapatkan oleh siswa-siswa SMPN 1 Klirong. Nanda dan Amanda berhasil meraih predikat student of the day. Selain itu siswa-siswa SMPN 1 Klirong berhasil meraih penghargaan sekolah paling aktif di kegiatan outbond di Goa Jatijajar. 

Kegiatan KIK menjadi kenangan yang sulit untuk dilupakan. Begitu banyak pengalaman, kedisiplinan, kesahajaan, kesederhanaan, keceriaan, dan ilmu yang telah mereka dapatkan. Semoga pengalaman, kenangan, dan ilmu yang mereka telah dapatkan dapat terus mereka amalkan dan kembangkan agar menjadi manusia yang berkualitas baik secara hard skill maupun soft skill.

Kebumen, 23 Maret 2019; Kurniani Oktaviani

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG