Class Meeting: Kembangkan Kreativitas dengan Sportivitas


Klirong-Baru-baru ini SMP Negeri 1 Klirong melaksanakan kegiatan pasca PAS 1, sebuah tradisi unik yang sangat ditunggu-tunggu oleh para siswa yaitu Class Meeting atau perlombaan antar kelas. Class meeting adalah program kerja OSIS yang berisi berbagai ajang perlombaan dan dilakukan antar kelas. Class meeting biasanya dilakukan setelah siswa menyelesaikan penilaian akhir semester (PAS) dan sebelum penerimaan rapor. Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh siswa karena menjadi ajang pelepas penat setelah tes. Selain itu, ajang ini juga kerap menjadi momentum bagi siswa untuk lebih menjalin keakraban antar kelas.

Pada semester  ini, cabang lomba yang diadakan adalah Sepak bola mini untuk siswa putra dan modern dance untuk siswa putri (kolosal). Class meeting berlangsung secara offline di Lapangan Klegenwonosari dan Aula Sasaning Among Krida selama 4 hari, yaitu pada 8, 12, 13, dan 15 Desember 2022.

Class meeting kali ini mengusung tema “Kembangkan kreativitas dengan Sportivitas” dapat diambil makna yang mana pada tahun ini digelar perhelatan besar piala dunia sehingga sekolah ingin turut merayakannya sebagai ajang pelatihan mental kompetitif dan sportivitas siswa. Kreativitas untuk modern dance yang mana siswa harus kreatif dalam memadukan konsep koreografi serta musik.

Kegiatan diawali dengan sepak bola mini putra kelas VII yang dimenangkan oleh kelas VII.4 pada Kamis (8/12). Selanjutnya pada Senin (12/12)dilanjutkan pertandingan sepak bola mini putra untuk kelas VIII dan dimenangkan oleh kelas VIII.1. Sepak bola mini kelas IX diadakan secara terpisah yaitu pada Kamis (15/12) dan dimenangkan oleh kelas IX.5. Kegiatan sepak bola ternyata tidak selesai begitu saja, kelas VIII.1 sebagai juara 1 menantang sepak bola gukar (guru karyawan) untuk bertanding di lapangan hijau menguji kemampuan para siswa dan guru. Alhasil pertandingan ini dimenangkan oleh Tim Gukar dengan perolehan skor 2-0.

Lomba modern dance antar kelas mengusung tema kekayaan budaya Indonesia misalnya unsur kedaerahan dari kostumnya (batik) atau dari musik (musik daerah) dan gerakan (koreografi). Semua siswa putri antusias mengikuti perlombaan ini, mereka menciptakan gerakan-gerakan yang kreatif dan berlatih setiap hari agar ketika tampil penuh percaya diri dan mendapat juara. Modern dance yang ditampilkan mengandung unsur-unsur budaya tradisional dengan mengenakan kostum batik dan dipadukan dengan outfit kekinian. Tidak hanya kostum mereka juga tampil menawan dengan properti mahkota atau hiasan di kepala seperti Suntiang (adalah perhiasan kepala bertingkat berwarna keemasan yang dipakai oleh perempuan Minangkabau). Mulai dari koreagrafinya dengan tarian-tarian daerah seperti gerakan tari kecak, sining (Gayo), saman (Aceh), tari jawa, serta sunda. Iringan musik tradisional juga di mashup dengan musik modern sehingga menghasilkan alunan musik klasik modern.

Acara terakhir ditutup dengan kegiatan sepeda sehat ke Kali Ratu dengan pengawalan keamanan oleh Polsek Klirong. Kegiatan ini diisi dengan wisata alam dan keanekaragaman hayati yang mana di Kali Ratu terdapat konservasi Penyu dan papan edukasi serta spot selfie di 8 titik untuk mendukung konsep eduwisata sebagai salah satu nafas Konservasi Penyu Kali Ratu. Tidak hanya melihat penyu, siswa juga diajak untuk fun game dan memanah membidik tepat sasaran, kegiatan ini bertujuan untuk melatih  fokus, koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan.

Seluruh rangkaian kegiatan Pasca PAS 1 telah berakhir pada Kamis (15/12). Class meeting ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kekompakan dan sebagai wadah penyalur bakat dari peserta didik, ajang keakraban dan silaturrahmi antar siswa, antar kelas, dan antar siswa-guru. (hf)

Copyright © 2019 - 2024 SMP NEGERI 1 KLIRONG